p.s. Az-Zahra

ternyata aku bisa konsisten 7 hari ini menulis jurnal stoik!

Setelah membaca beberapa halaman buku (yang belum aku katakan apa judulnya kepada kalian, kawan-kawanku) aku menyadari bahwa untuk setiap kebiasaan yang kita buat, ada tiga tahapan yang aku pahami dengan: pemicu, kegiatan yang ditempuh, dan hasil akhirnya atau goals-nya atau garis finish-nya, atau rewards-nya.

Kalau kalian mau tahu, pemicu yang aku gunakan adalah setiap bangun tidur, di pagi hari aku bilang pada diri sendiri, "ayo buat jurnal di laptop", kemudian aku basuh wajahku dan bersiap memulai hari dengan menulis jurnal, kemudian berlanjut membuka laman blog-ku yang lain, mempelajari hal lain, apapun yang tidak menggunakan gawai pribadiku yang, urghhh menjijikan, maksudku karena ia hanya buatku kecanduan mencari berita omong kosong baru saja, misalnya komentar masyarakat korea terhadap wig idolanya, seperti, ..... (tidak bisa berkata-kata). Hal yang terdapat di laman berandaku kebanyakan tentang K-pop yang beritanya semakin melantur saja, meskipun demikian, aku tetap masih menyeluncur dalam beranda untuk menonton video teknik material raqil! Kalian tahu bahwa kaca juga bisa flexibel dan tidak pecah???? menakjubkan!

Dalam waktuku tidak menggunakan gawai, awalnya sulit, 1-10 menit pertama adalah sangat sulit karena aku mudah terdistraksi, tapi setelahnya aku baik-baik saja ternyata.

Hari ini aku menyadari bahwa aku terlalu terlelap pada dunia maya, media sosial yang isinya komentar terhadap wig idolaku, lalu ketika mata dan pikiranku lepas darinya, aku pikir aku seperti orang idiot, mataku sakit, otakku kesal tanpa alasan penting, waktuku terbuang dan, kuotaku melayang.

Oh ya, ayo buktikan bahwa membuat kebiasaan baru diatas kebiasaan lama itu benar-benar terjadi! Dengan itu, aku akan menunjukkan seperti penelitian ilmuwan terkait ganglia basal itu! yang dapat menuliskan kebiasaan baru diatas kebiasaan lama!! Kalian yang membaca bisa melihatnya dari blog-blogku ini ya!

salam hangat, beruang kesayanganmu, azz!