p.s. Az-Zahra

surat untuk jingga, yang mungkin ngga akan sampe juga

hai, fren.

ini aku tulis karena beberapa waktu ini, walaupun kita udah putus kontak banget nget nget, kadang aku masih suka inget kamu, kadang aku jadi denial juga dengan perilaku kamu yang baik banget ke aku dulu, sampe kadang aku mau lupain juga apa yang kamu lakuin sebenernya dibelakang aku, rasanya ngga setimpal, tapi kalau dibilang gitu juga rasanya aku ngga menganggap penting diri sendiri karena label dari kamu sangat membekas, dan baru bisa aku hiraukan lebih dari setengah tahun setelah konflik itu, yang mana rasanya lama banget, setengah tahun lho, kamu ngga sebercanda itu untuk aku.

dulu, waktu kamu bilang kamu merasa ga percaya diri untuk ada disamping aku, sebenarnya aku lebih merasa kerdil, tapi aku ngga jujur aja, dasarnya juga aku ngga ngerti cara komunikasi yang baik, waktu aku lihat kakakmu di rumah kamu waktu kita kelas 10 juga aku bengong doang kan? itu soalnya ngga ada yang ngajarin aku caranya menghadapi situasi itu, waktu ketemu nenekmu pertama kali, waktu kita mau ambil ijazah juga sama, aku ngga turun dan salim dulu karena malu, dan ngga ada yang ngajarin kalo semalu apapun aku harus tetap nyapa untuk kesopanan, ya? banyak hal baru yang ngga bisa gitu aja aku atasin karena aku ngga tahu caranya, itu hal baru buat aku, aku kan memang jarang komunikasi..

dan juga, waktu aku tahu kamu punya cewe baru, aku ikut seneng kok, yaa, akhirnya kamu bahagia gitu hihi, soalnya sama aku kan susah. maaf yaa, kita barengannya waktu aku belum kerja, aku juga ngga ngerti kalau membebani kamu, syukurlah sekarang pasanganmu begitu baik, dan setara, kan?

aku punya banyak penyesalan, kok. paling besarnya adalah waktu kamu nungguin aku depan sekolah karena aku bilang mau dianterin renang, tapi ternyata gajadi karena libur, dan hpku rusak, punyamu juga, dan aku ngga ada uang untuk pergi kesana, dan kamu nunggu sampai sore.. maafin aku ya.. kamu juga nungguin aku sambil kehujanan pas latihan paskibra, nganterin aku ke matraman, jagain aku di jogja.. jagain aku di camping waktu awal ketemu, hihi. notice aku pas pekan olahraga kesehatan padahal aku lagi diem doang dengerin lagu pake earphone, kasih aku kado ulang tahun sepatu!, itu kado pertama yang aku terima dari cowokku, makasih banyaaaak, kamu juga temenin aku yang pengen makan seblak, bakso, hahaha seruuuu. terus ke dago tapi keburu hujan jadi balik lagii.

sayangnya, aku ngga tahu kapan aja kamu jalan sama aku doang, karena mungkin sebagian besarnya kamu jalan dengan dua orang di waktu yang sama, makanya aku bilang, kamu punyaku itu waktu masih smp aja.. sisanya aku ngga tahu..

aku ngga ngira kamu akan bohong sebegitunya dan bilang ini cuma, hah, aku percaya sama kamu dengan ngga pernah cek hp kamu, tapi ternyata kamu begitu, rasanya, okay, okay aja. jadi waktu kukira kamu berjuang sendiri, ternyata ngga sendiri ya..

banyak penyesalan dan juga kata terimakasih, terimakasih pernah hadir, terimakasih juga kamu bukan buatku, terimakasih juga Allah udah tunjukkin bahwa kamu emang cocoknya sama aku pas smp aja hihi. makasih banyak yaa!

tolong berbahagia dan jangan ketemu lagi ya kita, semoga kita bahagia dengan jalan kita, banyak banyak banyak terimakasih, semoga kedepannya aku ngga pernah lihat kenangan kita lagi, itu udah expired.

tapi kamu paling ganteng waktu pake baju smp, sweaternya abu, hahaha. cowok ipmku, semoga sehat dan bahagia selalu!