p.s. Az-Zahra

sedang membaca buku Pramoedya Ananta Toer, Yang Berumah Dalam Buku

awalnya aku cukup skeptis dengan isian buku yang akan aku baca, karena di awal halaman tertera sesuatu tentang PKI, yang mana katanya beliau ini tergabung didalamnya.

namun, aku hanya membaca beliau sebagai seseorang yang berumah dalam buku, aku mengesampingkan komunis darinya karena itu tidak relevan denganku, tapi karyanya menarik perhatianku.

begini, aku hampir tidak tahu siapa beliau ini selain dari film berjudul Boemi Manoesia yang diangkat dari novel karyanya, dan filmnya sukses besar, seingatku, ya aku jua tidak menontonnya, tidak terlalu tertarik dengan film sejarah negaraku sendiri, tepatnya aku tidak terlalu tertarik menonton film Indonesia.

ketika pertama membaca buku ini, aku pusing hahaha karena tidak mengerti, kemudian aku lanjutkan membaca bukunya, kemudian menemukan cerita Mangir! sejauh ini aku jadi sangat ingin membaca buku tersebut, kemudian buku Arok Dedes, bagus sekali sepertinya.

Urgh, kegiatan menulisku ini terkendala tadi, jadi bingung mau tulis apa lagi.

Yah, aku memang baru membaca bagian awal buku saja sih, semoga nanti mendapati insight baru, hahaha!