p.s. Az-Zahra

kamu tau ngga? tubuh kita itu seru banget buat dipelajari!

sebenarnya mungkin yang akan tertuang disini adalah perspektifku, haha, enjoy!

khususnya otak, bagian tubuh ini menurutku ajaib banget! dia kan diciptakan Allah Swt., dengan keren banget! (ya sebenernya semua bagian dari tubuh kita tuh keren banget, tapi favoritku saat ini ya otak).

Jadi, kata dokter neurosurgeon di podcast yang pernah aku tonton, kayaknya podcastnya Raditya Dika deh, katanya otak kita tuh posisinya ngambang, jadi dikelilingi sama cairan yang bantu melindungi kita dari benturan, soalnya otak kita itu rentan banget! keren kan! dia punya perisai sendiri lho!

saraf yang ada di otak, bagian-bagiannya dengan masing-masing fungsi menakjubkannya itu kayaknya bakal bikin aku kenyang sama informasi menakjubkan deh! aku juga nonton video bedah otak untuk ambil tumor, wihhh itumah keren banget!

jadi pertama itu kulit kepala yang mau ditargetin untuk dibedah disayat dulu, terus nanti bikin titik untuk ngebor tulang kepala, kemudian dibuka lagi lapisannya, dipotong kaya jadi 4 bagian yang nantinya diikat keluar biar kelihatan dalemnya dan sesudah operasi bisa dijahit seperti semula, terus alat yang dipake buat ambil tumornya, itu seru banget buat tahu kalau ilmu kedokteran udah sehebat itu!

bayangin kalau dulu ngga ketahuan kalo kebersihan itu bisa nyelamatin orang ya? kalo dulu ngga ketauan kalo kotor tuh bisa sebabin infeksi yang serius, kalo ilmu kedokteran ngga secanggih seefisien dan semenakjubkan sekarang, beeeh cinta banget aku ternyata pada ilmu kesehatan ini, sehat-sehat dokter-dokteeer!

selain otak, aku kagum juga sama wanita-wanita hebat yang udah melahirkan, baik secara alami ataupun caesar atau vakum, semuanya! hebat banget tau gak sih?t_t

aku sangat menghindari nonton operasi melahirkan karena ya aku juga akan melahirkan kan nanti? (mungkin xdxdxd), dan aku gamau ngerasa parno sendiri, tapi, beberapa waktu lalu aku nonton video caesar, ngga pake sensor, aku sudah legal. Trust meeee aku kayak melongo banget, prosedurnya tuh dibedah dulu lapisan demi lapisan perut bawah si ibu, kemudian sampai di waktu ngeluarin dedek bayinya!!!! itu disitu aku terharuuu banget, kalo menurutku dan temen-temen youtube juga tuh keliatan banget dokter disana juga terharu!, tapi kalian tau ngga sih? waktu dedek bayinya dibantu lahir sama dokternya, yang satu pegang dedeknya, satu lagi dorong perut ibu nya kebawah agar si bocil lekas keluar. Disitu aku merindiing tau kayak, "eh ini serius tah??????" dan ternyata udel yang nyambung antara pusar dedeknya dan ibunya itu ternyata besar, gais, kalau kalian liat punya ponakan kalian sudah kecil, mungkin karena itu udah mengering udelnya, dan bali atau tempat duduk dedek bayinya selama di kandungan itu ternyata besar dan ngga kaya kursi ya, hehehe.

aku reflek inget mamakuuu huuuu sayang mama banget mana akhir-akhir ini saya mendadak banyak dipukpuk beliau, love you banyak-banyak mama!

dah! sampe ketemu lagi lain waktu, semoga masih ada sisa umur kita!

sehat selalu ya, dari azz!