p.s. Az-Zahra

aku lagi pengen cerita

jadi sebenernya ini berkaitan juga sih sama topik jurnal stoik hari ke 22 dan buku yang lagi aku baca, ini tentang habit atau kebiasaan.

kamu suka liat ga sih banyak banget video baik itu yang long video kayak di youtube ataupun short video kayak di reels, banyak kan orang yang ngebahas tentang habit, dan jujur aja karena terpapar banyak banget informasi dari sana aku jadi pusing, hahaha. Maksudnya pusing tuh karena kalau nonton shorts, entah karena tulisannya kecepetan dan aku harus effort lagi buat pause scene dan ngulang-ngulang video, atau keburu malas karena ujungnya harus baca caption, like, come on brother, sister?????? ujungnya aku skip, dan banyak banget yang kayak gituuu hahaha.

Disisi lain, nonton long video kayak youtube juga kadang bikin aku bosan karena lah lama bangettt??? tapi aku jadi nanya sendiri, "terus kamu maunya nonton apa sih? ribett". Dan kayaknya aku pernah baca bahwa yaa emang setelah terpapar terlalu banyak video singkat macam reels, konsentrasi kita tuh jadi cuma bisa bertahan sebentar, jadi cenderung gabisa menikmati long video ala youtube, dan itu ga bagus kan? Dan untukku ini pasti terpengaruh juga oleh kebiasaan aku nonton short video!

Nah, kebaca ngga maksudku? Jadi si kebiasaan ini memang se berpengaruh itu gaisssss! Terus kemarin aku sebenarnya aku kan cuma iseng minjem buku tentang habit ini tapi ternyata seru banget??????? Dijelasin juga tentang ganglia basal yang berperan banget buat bikin kebiasaan kita! Dang! Kayak, ini tuh baru dikit lho aku bacanya tapiii udah seru banget!, aku juga nyaman bacanya untuk buku terjemahan!

Seruuu! pokoknya konklusinya adalah kebiasaan itu, otak itu seru banget ya buat dipelajari!