p.s. Az-Zahra

61! apa yang akan terjadi jika aku mengambil waktu sejenak untuk melakukan pendinginan setelah berbagai kegiatan ini? #JurnalStoik

hmm aku akan lebih tenang, kalau fisikku lagi ngga baik dia akan membaik, kalau pikiranku lagi mumet dia akan terurai juga, kalau ototku lagi rusak, dia bakal sembuh juga.

sebenarnya, ada satu kegiatan yang sudah aku lakukan lama sekali, genap dua tahun dan aku tahu aku ingin berhenti, aku mau rehat sebentar. tapi, aku sadar juga kalau aku harus punya bekal untuk menghadapi masa itu, masa yang akan aku anggap istirahat itu ngga semerta-merta bikin aku aman tanpa persiapan apapun, jadi aku memutuskan untuk bersiap dulu dan kasih diri aku waktu biar waktu nanti aku istirahat, hal lainnya ngga ikut terganggu, aku butuh istirahat tapi aku butuh persiapan juga.

dengan begitu, setelah aku beristirahat, aku punya waktu dan mampu untuk belajar hal baru biar aku punya bekal lagi untuk melanjutkan perjalananku.

semoga aku bisa melakukan pendinginan itu, karena aku toh harus berjalan lagi seumur hidup.