p.s. Az-Zahra

22! Kebiasaan buruk apa yang ingin aku hilangkan?

Ini! Kebiasaan buruk tidak konsisten dan punya habit yang ngga akan membawaku ke kesuksesan dan kebahagiaan yang aku mau, aku kerap kali juga memberikan kesenangan instan pada diri sendiri seperti bangun tidur, tidur lagi... kemudian janji-janji kecil pada diri sendiri bahwa aku akan mulai konsisten melakukan ini, besok, kemudian besoknya lagi, lagi dan lagi, malas itu adalah kebiasaan paling susah untuk aku hilangkan, tau.

Tapi, aku sedang membaca buku tentang habit, dan dijelaskan disana bahwa habit kita, kebiasaan kita yang lama tuh ngga bisa sepenuhnya hilang, tapi fakta menariknya adalah kebiasaan itu bisa ditimpa pake kebiasaan yang baru! Coba bayangin kalian biasanya bangun tidur terus tidur lagi, bilang ke diri sendiri sambil pake alarm 5 menit, tapi pas udah berdering malah disetel lagi ke 5 menit lagi, atau bahkan kalian bisa ketiduran lagi sampe subuh lagi tau!, wkwkwk becandaa. Nah, pokoknya kan hal tersebut sebenarnya ngga baik ya, waktu bangun tidur tuh bisa kita manfaatkan buat melakukan hal lain, sebenarnya cerita diatas juga adalah ceritaku 55555, jadi aku juga lagi coba bangun fondasi kebiasaan baru nih, jadi kalo biasanya bangun tidur aku tidur lagi, sekarang aku bangun tidur langsung cari laptop buat ngetik jurnal stoik! Harus pake laptop biar langsung buka laman blog ini karena kalau pake hp nanti melipir ke aplikasi lain gituuu.

Terus, dalam membangun habit baru ini aku tetep harus konsisten karena kebiasaan lama itu ngga akan sepenuhnya ilang, oke? Semangat gaaaes!

p.s. Thank you Mang Haru tetap menemani kami bikin jurnal stoik!^^