p.s. Az-Zahra

18! Bagaimana caraku menyeimbangkan diri sendiri di tempat yang asing?

halo!

pola yang seringkali aku lakukan ketika menghadapi lingkungan baru yang asing buatku adalah dengan menjadi pengamat; apa yang mereka kerjakan, bagaimana mereka berbaur, atau kalau ada waktu untuk mengamati dari kegiatan mereka sebelum aku terjun kedalamnya, biasanya aku lakukan dengan menelusuri postingan online mereka, itu membantuku mengurangi kegugupan ketika nantinya memasuki tempat asing, aku meyakinkan diriku melalui pengamatan itu bahwa aku akan menemukan satu hal yang familier seperti, "oh iya aku lihat kakak ini di postingan tadi", dan itu cukup membantu untuk mempertahankan diri.

Kalau konteksnya benar-benar aku menghadapi lingkungan asing tanpa sempat melakukan pengamatan, pola paling sering aku lakukan adalah menyapa dengan canggung atau dalam kasus tertentu ketika aku menemukan kembali kepercayaan diriku, aku akan menyapa dan berbaur dengan sangat mudah! dan sebenarnya mungkin lebih baik aku mempertahankan sapaanku yang kedua, hello effect benar-benar membantuku bertahan di lingkungan baru, karena toh kalau sudah membuka satu percakapan hangat dengan orang baru, itu akan berlanjut menyenangkan, dan kemudian kita nyaman, tidak terasa begitu asing lagi.